7  Ide Bisnis Online Terpopuler dan Mengapa Affiliate Marketing Sangat Menjanjikan

7  Ide Bisnis Online Terpopuler dan Mengapa Affiliate Marketing Sangat Menjanjikan

AndyHermawan.id – Apa saja ide bisnis online paling populer saat ini? Ide bisnis online yang populer memang sangat menarik, terutama jika anda menginginkan penghasilan yang besar dari dunia internet.

Berikut daftar ide bisnis online berikut ini bisa jadi inspirasi untuk anda :

Affiliate Marketing

Affiliate marketing/reseller adalah suatu usaha bisnis internet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet atau mempromosikan produk barang/jasa dari perusahaan orang lain di website anda, kemudian dari setiap penjualan kita akan memperoleh komisi. Besaran komisinya beragam, biasanya komisi bagi hasil : 50%-50% atau 30%-70%. Keterampilan utama yang dibutuhkan untuk bisnis online Affiliate Marketing adalah sales copywriting, web marketing, list building, dan PPC (Pay Per Click Marketing).

Blogging

Anda bisa menggunakan blog anda untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjual spot iklan (banner advertising/Adsense) dan memaksimalkan affiliate marketing. Anda harus memastikan bahwa blog anda menarik dan memiliki banyak pengunjung (traffic tinggi) setiap harinya agar perusahaan/brand tertarik untuk memasang iklan di blog anda. Akan lebih bagus jika blog anda memiliki audiences yang spesifik (niche).

E-commerce Store (Toko E-commerce)

Bisnis e-commerce adalah salah satu ide bisnis online yang sangat populer. Sebut saja Amazon, eBay, Alibaba, dan Tokopedia. Mereka adalah deretan website e-commerce yang berhasil dan sangat sukses. Anda bisa membuka toko e-commerce kecil-kecilan dengan mudah karena saat ini telah banyak penyedia (hosting) e-commerce untuk pemula yang sangat murah dan gampang dikelola. Anda bisa memanfaatkan Shopify. Shopify adalah salah satu penyedia toko e-commerce yang banyak penggunanya.

Jualan Online/Online Store

Jika anda memiliki produk offline, sebaiknya anda sudah mulai berpikir memasarkannya secara online. Tapi, jika anda tidak punya produk offline, anda bisa mencari rekanan yang memiliki usaha dan anda bisa memasarkan produknya secara online. Anda akan lihat hasil penjualan anda akan melejit. Jualan online bisa ditempuh dengan banyak cara. Memasarkan produk di situs marketplace, menggunakan blog, membuat fan page di Facebook, membuat akun toko di Twitter, Instagram, atau Pinterest, hingga memberdayakan blog seperti Tumblr untuk jualan. Keterampilan dasar yang harus Anda miliki agar bisa berjualan sendiri adalah copywriting, negotiation, internet marketing, social media marketing, dan SEO.

Dropshipper

Bisnis online ini banyak dijalankan oleh orang yang memiliki modal usaha sangat minim. Menjadi dropshipper bahkan membuat Anda hanya membutuhkan internet, gadget dan akun social media yang aktif. Pekerjaan dropshipper adalah menjadi reseller yang menjual barang dari supplier. Anda bahkan tidak harus memiliki produk tersebut untuk bisa menjualnya. Cukup dengan menampilkan katalog dari supplier dan kemas dalam beragam teknik promosi menarik agar dibeli konsumen. Anda bisa memasang harga jual sendiri sehingga pendapatan Anda dalam bisnis ini berasal dari laba/profit penjualan produk (harga jual dari Anda – harga supplier).

Coaching/Consulting/Mentor

Jika Anda memiliki keterampilan khusus yang bisa diajarkan kepada khalayak, maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda coba. Anda bisa membuat ebook, video tutorial, video training, dll. Saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan pelatihan. Anda bisa memberikan pengajaran melalui beragam media di internet, misalnya membuat tutorial di blog/website, membuat seminar online (web conference), dan mengadakan tes keterampilan. Pelatihan online yang sampai saat ini sangat tinggi peminatnya adalah sales marketing, business leadership, dan creative writing.

Jasa Membuat Website

Keterampilan anda membuat website bisa jadi ladang anda mencari penghasilan diinternet. Semakin tinggi kebutuhan orang akan website, semakin terbuka lebar peluang anda.

 

Apapun ide bisnis online yang jadi pilihan anda lakukanlah dengan serius. Bekerja keraslah hasilnya akan setimpal dengan usaha anda. Terkadang orang hanya ingin hasil yang cepat dan mudah. Ingat, semua butuh proses. Keberhasilan anda merupakan rangkaian dari proses yang anda lalui.

BISNIS ONLINE DENGAN AFFILIATE MARKETING

MEMULAI BISNIS ONLINE DENGAN AFFILIATE MARKETING

Pada dasarnya affiliate marketing merupakan model bisnis penjualan berbasis komisi. Affiliate marketing adalah bisnis perantara dengan mendapatkan imbalan berupa komisi, tugas dari perantara adalah mencari pembeli dan membawanya ke pemilik produk atau toko online dari produk tersebut. Setelah transaksi maka perantara akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik produk. Biasanya komisi yang ditawarkan cukup besar 50%-50% atau 70%-30%.

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar sebagai affiliate marketer dari sebuah Vendor Produk (merchant) untuk mendapatkan ID afiliasi. Merchant ini bisa berupa suatu perusahaan maupun suatu individu. Selanjutnya anda mendapatkan sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk, dan pada link tersebut sudah mengandung suatu kode khusus ID Afiliasi anda. Kemudian ketika Anda mempromosikan link tersebut, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan transaksi, maka anda mendapatkan komisi.

Contoh beberapa merchant afiliasi dalam bentuk perusahaan antara lain:

RATAKAN.COM, AMAZON.COM, CLICKBANK.COM, JVZOO.COM, LAZADA.CO.ID, dl.

Affiliate marketing merupakan model bisnis online yang cukup mudah untuk dijalankan terutama bagi pemula. Affiliate marketing banyak peminatnya karena bisa mendatangkan passive income. Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah memiliki website afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi anda ke website pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk / jasa akan menangani pemesanan secara langsung.

 

Singkatnya, langkah-langkah menjadi affiliate marketer adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan produk yang akan anda pasarkan. Kenali dengan mendetail produk tersebut.
  2. Daftarkan diri anda sebagai affiliate marketer
  3. Buatlah website afiliasi
  4. Promosikan link afiliasi anda
  5. Promosikan produk

 

Kiat sukses Affliate Marketing :

1. Buat website khusus untuk promosi produk afiliasi

Untuk affiliate marketing sebenarnya tidak harus membuat website. Biasanya anda sudah dibekali landing page. Tinggal anda promosikan link afiliasi anda. Jika anda ingin optimal anda bisa membuat link khusus produk afiliasi, gunanya menangkap target market yang lebih spesifik. Dan anda tampil lebih professional.

2. Produk Gratis

Biasanya produk gratis berupa ebook. Anda bisa membuat dan membagikan produk gratis kepada pengunjung website anda. Gunanya untuk membangun list building dan menyisipkan link afiliasi anda di ebook gratis tersebut. Pilihlah Produk Gratis yang terkait dengan produk afiliasi anda.

3. Mendatangkan Trafik Target

Inilah tugas anda mendatangkan trafik. Buatlah konten-konten yang berkualitas di website anda. Terutama yang masih berkaitan dengan produk afiliasi anda. Sehingga pengunjung yang datang benar-benar tertarik membeli produk yang anda tawarkan.

4. Review Produk

Tulislah artikel berupa ulasan produk afiliasi yang anda tawarkan. Sisipkan link afiliasi anda didalamnya. Tulislah secara jujur kelebihan dan kekurangan dari produk yang anda tawarkan. Sehingga calon customer anda bisa menimbang dan memutuskan untuk membeli atau tidak.

 

Jadi, silahkan tentukan peluang terbaik yang ingin Anda coba dan praktekkan! Karna setiap pilihan Anda resikonya.. sama halnya ketika Anda memutuskan untuk menjadi biasa-biasa saja ketimbang sahabat Anda yang lain yang sudah lebih dulu take action untuk meraih kesuksesannya saat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Klik disini!

Andy Hermawan

Hai, ada yang bisa saya bantu? 00.00