10 Alasan Mengapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung

10 Alasan Mengapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung

AndyHermawan.id – Webiste toko online anda masih sepi pengunjung? Padahal anda sudah mengupayakan berbagai hal, mulai dari optimasi SEO, pasang iklan, promo di media sosial, dll. Coba anda cermati beberpa alasan berikut ini yang menyebabkan toko online anda sepi pengunjng. Mungkin beberapa alasan dibawah ini yang jadi penyebabnya.

Berikut 10 alasan toko online sepi pengunjung :

 1. Loading Website Terlalu Lama

Calon customer/pengujung memang paling malas untuk menunggu loading website yang lama. Meskipun produk yang anda jual berkualitas baik dan menarik. Jika sulit untuk diakses maka pengunjung pasti segera meninggalkan website anda dan beralih ke website lain yang menjual produk sejenis yang lebih mudah diakses.

2. Navigasi web yang rumit

Navigasi yang rumit dan bertele-tele juga membuat pengunjung segera meninggalkan website anda karena membingungkan bagi mereka. Buatlah sistem navigasi yang mudah bagi pengunjung untuk menemukan produk dan informasi yang mereka cari.

3. Kesalahan Ketik Dan Ejaan

Ini terkadang merupakan kesalahan dasar yang bisa berakibat fatal. Tidak akan ada yang membeli jika dari awal mereka tidak memepercayaimu. Misal, kesalahan kata, ejaan, bahasa, dan masalah dasar lainnya pada halaman produk, atau halaman produk yang mengurangi kredibilitas. Pastikan selalu mengecek secara detail isi keseluruhan websitemu.

4. Kualitas Konten Rendah

Jangan asal membuat konten, buatlah yang unik dan bermanfaat. Jika konten anda bermanfaat maka akan disukai pengjung dan SEO.

5. Kualitas Gambar Rendah

Kualitas gambar sangat mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung website toko online anda.  Gambar yang terlalu kecil, buam dan pecah sangat tidak disukai pengunjung. Berikan gambar yang berkualitas baik bahkan kalau perlu bisa di zoom. Hal ini memungkinkan konsumen memperbesar gambar untuk memeriksa lebih detail produk tersebut.

6. Suara Video/Musik Yang Mengganggu

Video atau suara musik/lagu  yang berputar secara otomatis justru dapat mengganggu pengunjung dan juga membuat waktu loading halaman menjadi lebih lama.

7. Tidak Ada Ulasan Produk

Tentu saja customer online akan lebih berhati-hati ketika ingin membeli produk secara online. Karena mereka tidak bisa secara langsung menyentuh produk itu, itulah mengapa mereka mencari cara untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang produk tersebut. Semakin minim ulasan tentang produk, maka semakin pengunjung tidak percaya dan ragu terhadap produk anda. Anda bisa meminta testimoni dari para customer anda yang, testimoni sangat membantu meyakinkan calon customer anda untuk take action.

8. Perbandingan Harga

Jika produk yang anda jual adalah produk massal/diproduksi sangat banyak. Maka perbandingan harga sangat berpengaruh. Pembeli online saat ini bisa dengan mudah mencari website lain untuk perbandingan harga. Customer selalu mencari penawaran terbaik. Lain halnya jika produk yang anda jual sangat terbatas dan dengan desain khusus. Maka harga dengan mudah anda kuasai.

9. Tidak Ada Promo Kupon/Diskon

Customer menyukai promo. Jika mereka tidak menemukan promo kupon/diskon apapun pada toko online, maka bisa jadi mereka akan meninggalkan situsmu dan berbelanja di tempat lain yang menyediakan promo/diskon yang menarik.

10. Proses Checkout/Pembayaran Terlalu Panjang dan Rumit

Ketika customer ingin melakukan checkout tapi prosesnya terlalu panjang dan rumit maka hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan mungkin saja mereka membatalkan pembelian produk. Buatlah proses checkout/pembayaran yang mudah dipahami oleh pembeli.

 

Untuk menghindari kerugian dari sepinya pengunjung toko online Anda, silahkan simak dan praktekkan berbagai cara promosi toko online yang bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.

Cara Berpromosi Untuk Toko Online Yang Benar

Berbagai Cara Berpromosi Untuk Toko Online

Toko online saat ini banyak dilirik karena potensi penghasilan yang cukup menjanjikan. Jika dikelola dengan baik, toko online bisa menjadi bisnis yang sangat sukses. Namun tentu saja banyak pula yang gagal. Setiap usaha butuh kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya. Banyak faktor yang menjadikan toko nline anda sukses atau tidaknya, salah saunya adalah promosi. Promosi yang tepat dan terarah akan mendatangkan banyak pengunjung ke toko online anda.

Berikut ini berbagai cara promosi toko online yang dapat anda terapkan, diantaranya :

1. Facebook Ads

Promos berbayar di Facebook Ads sangat saya sarankan karena terbukti efektif. Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah mudah dijalankan, mudah melakukan pengaturan budget, bisa mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan target market yang spesifik. Maka jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung dan menkonversi penjualan, pertimbangkanlah menggunakan Facebook Ads.

 

2. Google Adwords

Dengan menggunakan layanan iklan di Google Adwords anda bisa menempatkan iklan di hasil pencarian Google. Kampanye iklan ini dapat sangat tertarget karena didasarkan pada keywords/kata kunci yang orang gunakan dalam kotak penelusuran Google. Anda hanya akan membayar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung dimana ini membuat Google Adwords sangat efektif dari segi biaya.

 

3. Bing ads

Bing Ads sama seperti Adwords tetapi ini ditawarkan oleh Bing dan iklan akan muncul dalam Bing dan Yahoo website dan website lain yang mengikuti program mereka. Bing Ads tidak seefektif Google Adwords tetapi ini masih layak untuk anda coba.

 

4. Blog

Ketiga cara promosi diatas adalah berbayar, jika anda ingin tanpa berbayar maka anda bisa mencoba blog gratisan. Dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras untuk promosi melalui blog. Anda bisa membuat blog yang khusus membahas artikel-artikel produk yang anda jual, blog ini hanya diperuntukan untuk review produk yang anda jual saja serta segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi detail produk-produk yang anda jual.

 

5. Newsletter dan Email Marketing

Pernahkah anda menjumpai website / landing page yang mengajak anda untuk memasukkan alamat email anda? Data email yang masuk itulah yang menjadi list building. List building bermanfaat bagi pemilik website untuk mengirimkan newsletter dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terbaru, survei pelanggan, dll. Semakin banyak list building anda, semakin besar anda menarik pelanggan menuju website toko online anda dan berarti semakin besar peluang terjadinya penjualan.

 

6. Mobile App

Marketing mobile sedang meningkat dan sesuatu yang anda tidak bisa abaikan. Memiliki website yang user friendly terhadap pengguna mobile adalah suatu keharusan. Jika dilakukan dengan benar aplikasi mobile adalah cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.

 

7. Market Place

Banyak sekali situs-situs market place yang bisa anda gunakan untuk media promosi secara online, selain gratis market place dapat meningkatkan pengunjung toko online anda dan bisa meningkatkan transaksi penjualan. Contoh market place : kaskus FJB (Forum Jual Beli), olx.co.id , bukalapak.com, dll.

 

8. Social Media

Selain Facebook ada jaringan sosial lain yang besar untuk mempromosikan toko online. Yang paling penting dan patut dicoba adalah: Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ dan LinkedIn. Media sosial menjadi tren dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, ketenaran media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda, jika cukup modal anda bisa promosi di media sosial dengan berbayar agar target yang dicapai maksimal, atau jika tidak cukup modal anda juga bisa promosi secara gratis dengan cara : membuat fanpage, sering update status tentang produk yang anda jual, share testimoni produk, mengajak teman-teman anda untuk share, berbagi video, dll.

 

Dan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu perkembangan toko online Anda seperti apa yang telah saya rasakan sebelumnya untuk peningkatan toko online saya saat ini. Selamat praktek dan semoga sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Klik disini!

Andy Hermawan

Hai, ada yang bisa saya bantu? 00.00