Cara Mudah dan Cepat Memulai Bisnis Toko Online

Cara Mudah dan Cepat Memulai Bisnis Toko Online

AndyHermawan.id – Toko online/online shop sekarang begitu familiar ditelinga kita. Jika anda sering belanja online sekarang saatnya anda berpikir untuk membuat toko online anda sendiri. Anda bisa menjual apa saja, bahkan jika anda tidak mempunyai produk sendiri anda bisa sukses menjalankan toko online anda. Bisnis toko online begitu menggiurkan, dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangkauan pasar yang luas. Lantas bagaimana cara memulai usaha toko online? Membuka toko online sebenarnya cukup mudah, yang cukup sulit adalah mendatangkan calon pembeli ke olshop anda.

Berikut hal-hal yang penting untuk anda perhatikan dalam memulai bisnis toko online :

1. Tentukan Produk

Tentukanlah produk yang akan anda jual di internet. Anda bisa memilih produk yang menarik minat anda atau produk-produk yang lagi ngetren saat ini. Saat ini produk yang banyak peminatnya di dunia maya adalah produk kecantikan, produk kesehatan, gadget dan fashion. Lebih baik pilih produk yang anda sukai / menarik minat anda karena anda akan bersemangat menjalankan toko online anda. Pilihlah produk yang berkualitas, karena anda akan menghadapi toko online dengan produk yang sejenis. Bahkan usahakan produk anda lebih baik dari pesaing anda. Dengan demikian customer akan memilih membeli produk anda daripada yang lain.

Jika anda, tidak punya cukup modal. Anda bisa memanfaatkan sistem reseller dan dropship. Jadi, anda bisa menjualkan produk orang lain. Dengan mendapatkan keuntungan berupa selisih harga berdasarkan persentase yang diberikan.

2. Cari Agen Terpercaya

Cari agen atau distributor produk yang bisa dipercaya dan konsisten karena ketersediaan produk merupakan salah satu faktor kepercayaan pelanggan pada toko online anda. Tentu anda tidak ingin mengecewakan customer anda bukan? Selain itu, pastikan komunikasi anda dengan agen/distributor produk tersebut lancar dan mereka cukup komunikatif.

3. Pilih Tata Cara Pengiriman

Salah satu alasan orang bertransaksi online adalah kenyamanan membeli produk tanpa harus keliling toko cukup transfer sesuai pesanan dan barang diterima di tempat. Oleh karena itu, Sistem pengiriman barang juga perlu diperhatikan. Pilihlah agen pengiriman yang benar-benar terpercaya dan bonafid. Untuk toko online, ada baiknya anda menawarkan beberapa pilihan agen pengiriman. Selanjutnya biarlah customer yang menentukan agen pengiriman apa yang akan dipakai. Dengan begitu customer anda bisa menentukan pilihan lamanya waktu kirim dan pertimbangan biaya kirim.

4. Tentukan Cara Pembayaran

Biasanya dalam toko online sistem pembayaran bisa melalui dua cara, yaitu melalui bank offline seperti BCA, Mandiri, dll atau melalui Bank online seperti PayPal atau sejenisnya. Tinggal bagaimana anda memilih yang paling nyaman untuk toko online dan customer anda. Untuk bank offline sebaiknya anda setidaknya memiliki 3 akun bank. Biasanya customer mencari akun bank yang sama dengan akun bank miliknya.

5. Pilih Sarana Media Online

Untuk membuka toko online, anda bisa memilih melalui beberapa media online yang tersedia. Misalnya melalui blog, website, media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Jika dengan menggunakan media sosial, biasanya relatif lebih murah karena tidak perlu membayar domain atau hosting.

 

Dan untuk menjalankan toko online Anda jadi lebih mudah dan cepat merasakan kesuksesannya, silahkan simak strategi terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini.

Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses

6 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses

Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online?

 

Berikut ini 6 Strategi Membuat Toko Online Sukses :

1. Desain dan Fitur Toko Online

Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda dikenakan biaya bulanan.

Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda. Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda.

Berikut tipsnya :

  • Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan perpaduan warnanya.
  • Perhatikan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah informasi yang lengkap tentang produk anda
  • Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner, dll
  • Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
  • Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi anda

2. Pelayanan Customer Service

Pelayanan Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang berbagai hal terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online anda baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga pelanggan tidak menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting diperhatikan :

  • Cepat respon pesan dari customer anda
  • Menerima saran dan masukan dari customer anda
  • Mengucapkan ‘terima kasih sudah menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
  • Mintalah maaf jika terjadi hal yang tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket sampai di alamat tujuan.

3. Foto produk yang menarik dan berkualitas

Foto produk yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut tipsnya :

  • Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
  • Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
  • Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak belakang dan tampak samping)
  • Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat loading.

4. Bangun Sistem Reseller

Reseller adalah orang yang membantu menjual produk anda dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan. Reseller bisa mendongkrak penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih sedikit tapi secara kuantitas produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal anda memberi batasan minimal order atau anda bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll.

5. Belajar Internet Marketing SEO

Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online anda di search engine.

6. Manfaatkan secara maksimal media sosial

Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi toko online anda.

 

Jadi, sudahkan Anda bangun toko online Anda saat ini? Silahkan praktekkan strategi yang sudah Saya bocorkan dari hasil praktek Saya selama ini, semoga bermanfaat untuk kemajuan dan kesuksesan Anda juga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Klik disini!

Andy Hermawan

Hai, ada yang bisa saya bantu? 00.00